Ticker

6/recent/ticker-posts

Cibadak Menyiapkan Diri Sebagai Desa Brilian





Pada hari ini desa Cibadak dikunjungi oleh utusan dari BRI Kanwil Bandung dalam rangka rencana pendampingan dan pelatihan bagi pemberdayaan usaha di Desa Cibadak melalui BUMDesa Gandaka Cibadak yang direkomendasikan oleh DPMD Prov. Jawa Barat.

Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas jenis usaha yang berpotensi besar di Desa Cibadak dengan dukungan program-program yang sinergis dari BRI, dan juga memberikan kesempatan kepada Desa Cibadak untuk menjadi peserta yang mengikuti ajang penilaian Program Desa BRILIAN Tahun 2022.

Apa itu Program Desa BRIlian? 

Program ini merupakan upaya yang dilakukan BRI untuk mendorong inovasi berkelanjutan bagi desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pada September 2020, BRI melakukan seleksi terhadap 531 desa usulan dan memilih 125 desa dari berbagai daerah di Indonesia.

Tahun ini jumlah desa usulan ditingkatkan menjadi 1000 desa. Peningkatan program ini dilakukan karena melihat tingginya antusias masyarakat di desa untuk lebih berkembang dan mengikuti pelatihan yang diadakan BRI.

Tujuan Desa BRIlian dan Edukasi

Program Desa BRilian adalah Desa binaan BRI yang memiliki seluruh atau kombinasi dari empat aspek utama. Mulai dari BUMDes aktif sebagai penggerak ekonomi desa, digitalisasi yang terimplementasi di desa yang menggunakan produk BRI (BRILink, Web Pasar, Stroberi).  Juga aspek inovasi sebagai desa kreatif yang memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa. Terakhir adalah sustainability sebagai desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui sektor usaha unggulan desanya.

Dengan melihat aspek tersebut, nantinya BRI akan menyeleksi 1000 desa terpilih untuk menjadi Desa BRIlian. Tujuan adanya Desa BRIlian yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas pengelolaan desa yang menginspirasi untuk memajukan desa dan BUMDes
  2. Bentuk penghargaan yang akan menampilkan desa yang berkepedulian sosial, menggerakan perubahan, dan berperan inovatif memotivasi orang di sekitarnya untuk maju
  3. Menyebarluaskan informasi pemberdayaan masyarakat yang sudah dilakukan oleh BRI (influencer BRI)
  4. Memperkuat posisi BRI sebagai Bank yang peduli kepada desa dan masyarakat desa
  5. Sebagai salah satu tools mantri dalam membina dan mendekatkan diri (engagement) kepada seluruh komponen masyarakat di Desa

Untuk mencapai tujuan di atas, desa yang lolos seleksi dalam Program Desa BRIlian nantinya akan diberikan edukasi dan pendampingan. Literasi dasar yang pasti diberikan mencakup inklusi keuangan yaitu pengenalan produk dan jasa perbankan dan manajemen keuangan dasar (akuntansi sederhana).

Literasi bisnis yang mencakup peningkatan kapasitas manajerial, legalitas, budaya inovasi, pemahaman industri dan pasar, kepemimpinan, pola pikir jangka panjang, skala usaha serta diberikan kebutuhan para pelaku UMKM sesuai dengan tema kegiatan BRIncubator (Kegiatan Pemberdayaan BRI) yang terdiri dari Go Modern, Go Digital, Go Online, Go global.

Dengan adanya literasi ini, diharapkan desa-desa bisa menyusun peta jalan (roadmap) pembangunan yang sesuai dengan potensi desa. Termasuk mengenai transparansi sistem keuangan desa dan menciptakan pemimpin yang transformatif dan kolaboratif.

Nantinya desa-desa yang menerapkan arahan dan pendampingan selama mengikuti Program Desa BRIlian diharapkan layak dijadikan percontohan untuk desa lainnya.

Sumber tertaut:

https://promo.bri.co.id/main/promo/detail/desa_brilian_


Post a Comment

0 Comments