Ticker

6/recent/ticker-posts

Bagi-bagi Bingkisan Lebaran dari Perelek




"Dari Warga, Oleh Warga, Untuk Warga".
Budaya atau kebiasan di ke-RT-an di Dusun Wanayasa Desa Cibadak salah satunya yaitu membagikan bingkisan lebaran di beberapa RT.

Pembagian bingkisan lebaran ini diambil dari kelebihan penarikan perelek yang biasanya ditarik setiap malam sebesar Rp. 500,- tiap rumah.

Penarikan perelek ini sebagai simbol hidupnya gotong royong di lingkungan setempat, pasalnya hasil penarikan perelek ini digunakan untuk dana sosial masyarakat juga, yakni biaya kain kapan dan santunan untuk orang meninggal, bantuan dana untuk warga yang sakit apalagi sampai dirawat. Dan kelebihan anggaran tiap tahun dibelikan untuk bingkisan lebaran yang dibagikan ke masing-masing kepala keluarga. Hal tersebut juga menjadi salah satu motivasi kepada warga agar selalu rajin membayar perelek, karena hasilnya bisa dinikmati langsung oleh seluruh warga.

Intinya bahwa penarikan perelek ini adalah "Dari Warga, Oleh Warga, Untuk Warga".
Seperti di RT. 09 RW. 02 Dusun Wanayasa misalnya, setiap penerimaan dan pengeluaran keuangan perelek dilaporkan secara terbuka pada setiap rapat ke-RT-an yang dihadiri oleh seluruh warga-nya.



Post a Comment

0 Comments