Ticker

6/recent/ticker-posts

Sang Pemuda Pelopor Ciamis

Pemuda Pelopor

Pemuda ini terus berupaya agar selalu konsisten bergerak meningkatkan budaya literasi, merubah mindset kalangan remaja bahwa literasi adalah sesuatu hal yang menjadi kebutuhan.

Berkat hasil perjuangan tersebut Ilham akhirnya bisa melebarkan sayap pada tanggal 27 September 2020 bermomentun dan berkesampatan bekerja sama dengan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa yang memang se-Visi dalam mengembangkan budaya literasi.

Perlahan konsep yang terbangun penggagas dengan Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa terealisai dari mulai mendapatkan bantuan berupa buku operasional kegiatan, hingga mendapatkan fasilitas bangunan yang berdiri begitu megah sebagai tempet permanen yang nyaman melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Asuransi Jasa Indonesia (JASINDO) yang merupakan salah satu perusahaan dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sebagai penggagas semua hal yang telah terelasasi berkenaan dengan peningkatan budaya literasi, Ilham akan selalu berkomitmen dan sangat membuka lebar, Paik bagi relawan atau pihak manapun yang ingin turut berkontribusi dalam peningkatan kapasitas budaya literasi khususnya di wilayah Kabupaten Ciamis.

Kurangnya minat baca pada kalangan remaja difaktori Oleh beberapa sebab diantaranya kesadaran dan kepedulian baik dilingkungan maupun dikeluarga, oleh karena itu dengan adanya Taman Baca Jasindo menghadirkan ruang pengembangan minat baca dengan berbagai metode Yang efektif dan produktif

Kemampuan ekonomi menjadi salah satu faktor tidak berjalannya literasi, selain didapat dari pendidikan formal, sangat perlu untuk kalangan remaja mendapat pendidikan literasi diluar hal tersebut. Namun sangat disayangkan untuk mendapatkan pendidikan tambahan, sasaran terkadang perlu merogoh uang sebagai biaya pendidikan. Taman Baca Jasindo hadir dengan membebaskan iuran (GRATIS) bagi siapapun Yang ingin belajar, termasuk peduli pada anak didik Taman Baca Jasindo yang memiki kekurangan dalam ekonomi dengan memberikan bantuan berupa santunan setiap bulannya.

Minimnya sarana literasi dilingkungan sekitar menjadi fokus Taman Baca Jasindo untuk terus mengembangkan dan melengkapi fasilitas pembelajaran, serta cakupan jangkauan agar semua anak didik dapat terus belajar dengan nyaman.

Berdiri dan terletak di Dusun Wanayasa RT 11 RW 03 Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, menjadi sebuah wadah dan sarana ruang belajar literasi untuk kalangan anak usia dini hingga remaja di Kecamatan Banjarsari.

Hingga saat ini RBK Taman Baca Jasindo, Memiliki 20 Relawan diberbagai divisi  pengelola, dan puluhan anak-anak binaan serta terbuka lebar untuk semua kalangan dapat menikmati  fasilitas Taman Baca Jasindo sebagai ruang belajar dan berliterasi. Seluruh materi dikemas dan disisipkan materi literasi yang kreatif.

Tahun ini juga dilaksanakan kegiatan selama bulan Ramadhan untuk mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang positif.





Post a Comment

0 Comments