Ticker

6/recent/ticker-posts

Membangun Desa dimulai dari Indikator Berkelas

 




Desa cibadak terus berbenah diri untuk mulai tinggal landas menuju desa lebih sejahtera.

Dibimbing oleh Ir. Setra sebagai Konsultan Desa Cibadak, kami mulai menyusun indikator desa yang berkelas dunia.

Indikator ini sebagai acuan untuk melangkah dalam rangka cibadak lebih mandiri dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 
Dari indikator ini dikembangkan menjadi program kegiatan, kemana program ini dijalankan, target waktu, penanggungjawab kegiatan sampai siapa kuratornya.
 
Menurut Ir. Setra, kenapa mengambil "Desa Berkelas Dunia", beliau mengutip kata-kata dari Ir. Soekarno yaitu "Bermimpilah setinggi langit, dan jika gagal engkau akan jatuh diantara bintang-bintang", yang artinya; jika gagal, minimal desa cibadak bisa menjadi berkelas di Provinsi".
Beliau (Ir. Setra) berkehendak bahwa Desa Cibadak menjadi desa yang cerdas dalam mengonsep desa yang berkemajuan dan jelas arahnya. Ibarat kata beliau tidak ingin memberi ikannya, tapi memberi kailnya.

Terima kasih Ir. H. Setra Yuhana. MM. atas ilmu yang Bapak berikan kepada kami, selalu menyempatkan waktu untuk desa cibadak, walau kesibukan beliau sangat padat sebagai praktisi kopi sekaligus owner Kopi Angklung Preangerpoint, konsultan dan praktisi agroforestry, penyusun buku dan pembudidaya ikan dewa superfish, sacha inchi, kapulaga, dan masih banyak lagi.



Post a Comment

0 Comments