Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Kacang Sacha Inchi yang Dibudidayakan di Desa Cibadak


Sumber : alleca.com/ms.julinse.com/darinolien.com

Khasiat dan Manfaat “Superfood” Sacha Inchi

Manfaat Buah & Sayur – SACHA INCHI atau KACANG SACHA INCHI adalah tumbuhan menjalar yang tumbuh di hutan amazon, tepatnya berasal dari sebagian besar daerah tropis Amerika Selatan (Suriname, Venezuela, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Peru, dan Brasil barat laut), serta beberapa Kepulauan Windward di Karibia. Karena itu sacha inchi juga dikenal dengan nama “KACANG INKA” yang telah dibudidayakan suku Inca, penduduk asli Peru dan digunakan sebagai sumber makanan selama lebih dari 3000 tahun.

Di Asia termasuk Indonesia, kini masyarakatnya mulai membudidayakan kacang sacha inchi. Kacang sacha dikenal karena hasil penelitian laboratorium diketahui memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi, 17 kali lebih banyak dari ikan salmon.

Kandungan protein pada biji kacang sacha inchi mencapai 17% dan minyak 35-60%. Minyak kacang sacha inchi kaya akan asam lemak esensial omega-3 asam linolenat (˜45-53% dari total kandungan lemak) dan omega- 6 asam linoleat (˜34-39% dari kandungan lemak), serta omega-9 non-esensial (˜6-10% dari kandungan lemak).

Biji dan daun mentah sacha inchi mengandung alkaloid , saponin , dan lektin dalam jumlah yang cukup besar yang mungkin beracun jika dikonsumsi sebelum dimasak, tetapi terdegradasi dengan cara dipanggang, digoreng atau disangrai.


15 Khasiat dan Manfaat SACHA INCHI

1. Mengontrol Kolesterol

Kacang sacha inchi diketahui memiliki manfaat yang unik, yaitu tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) akan tetapi juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang sacha inchi juga diketahui mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi sacha inchi diyakini tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Membuat Otak Lebih Rileks dan Mencegah Stres

Sacha inchi diketahui kaya akan kandungan tripofan (hormon dan neurotransmitter) yang berkhasiat membantu otak lebih rileks, melepaskan stres dan merasa lebih baik.

4. Membantu Mengurangi Resiko Peradangan Otak

Kandungan omega-3 yang tinggi pada sacha inchi berkhasiat membantu mengurangi peradangan otak (tanpa sakit kepala).

5. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan omega-3 yang sangat tinggi dan lemak sehat berkhasiat dalam membantu otak melawan peradangan, mengurangi resiko depresi, kelelahan, meningkatkan daya ingat dan respon terhadap rasa sakit.

6. Meningkatkan Peredaran Darah

Kandungan omega-3 yang tinggi pada sacha inchi berkhasiat dalam menghilangkan lemak darah dan melancarkan peredaran/sirkulasi darah sehingga arteri (pembuluh darah) menjadi fleksibel dan elastis untuk menghindari arteriosklerosis.

7. Menurunkan Tekanan Darah

8. Mencegah Diabetes

Konsentrasi omega-3 yang tinggi pada sacha inchi diketahui mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar trigliserida pada penderita diabetes.

9. Menyehatkan Tulang

Omega-3 berperan dalam membantu tubuh menyerap kalsium sehingga dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

10. Baik untuk Kesehatan Mata

Selain omega-3, sacha inchi juga kaya akan vitamin E dan vitamin A dimana keduanya berkhasiat dalam meningkatkan penglihatan yang lebih baik.

11. Menyembuhkan Nyeri Sendi

Sacha inchi dikenal sebagai anti-inflamasi yang baik sehingga berkhasiat dalam membantu mengurangi nyeri sendi dan rheumatoid arthritis.

12. Baik untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Kandungan omega-3 dan vitamin E yang terdapat pada biji sacha inchi juga baik untuk membantu menyehatkan rambut dan kulit. Omega-3 berperan dalam meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang berperan dalam menjaga kulit tetap sehat, terlihat lebih muda dan bebas kerutan.

13. Membantu Perkembangan Otak Anak

Sacha inchi mengandung DHA yang dapat membantu mendorong perkembangan sistem syaraf, memori dan fungsi konsentrasi yang optimal.

14. Menjaga Kesehatan Jantung

Omega-3 efektif menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, sekaligus meningkatkan HDL (kolesterol baik) sehingga jantung lebih sehat dan kuat.

15. Menurunkan Berat Badan

Sebuah kajian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2002 mengungkapkan bahwa sacha inchi kaya akan tryptophan, asam amino penting untuk pengeluaran serotonin (sistem saraf kimia yang terlibat dalam mengontrol nafsu makan).

Demikian tentang “Manfaat dan Khasiat SACHA INCHI yang Belum Banyak Diketahui” Semoga bermanfaat…

Kacang Sacha Inchi saat ini sedang dibudidayakan di lahan desa seluas 10Ha sebagai awal penanaman, tepatnya di tanah Pangangonan Pasir Jengkol Desa Cibadak Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis atas kerjasama (MoA) dengan Universaitas Galuh (UNIGAL) Ciamis.

Salam Cibadak Bergerak !!!

Post a Comment

0 Comments